Rabu, 11 Juli 2012

DAPUR MUNGIL

Para ibu rumah tangga atau perempuan yang suka memasak, pasti mengidamkan sebuah dapur yang ideal di rumahnya. Namun terkadang, penataan dapur sedikit terlupakan padahal fungsinya cukup penting dalam rumah. Dapur yang ideal sebenarnya tidak harus berukuran besar. Sekalipun berukuran mungil, namun dengan penataan yang cermat dan memaksimalkan manfaat dari setiap sudut ruangan, dapur yang nyaman pun dapat diciptakan.

Sebuah dapur mungil bukan berarti harus dibuat seadanya saja. Walau terbatas dengan kondisi ruangan, kerberadaannya harus tetap fungsional. Di sisi lain, desain interior rumah pun akan bertambah menarik. Walau lahan yang tersedia untuk dapur sangatlah kecil, Anda masih dapat mewujudkan dapur cantik yang diinginkan.

Kunci pertama dalam solusi menempati ruang terbatas adalah membuat kabinet yang menyambung ke plafon. Tujuannya agar dapat menampung berbagai peralatan memasak dan perangkat dapur lainnya. Untuk wadah penyimpanan tambahan, buatlah kabinet dan rak gantung di sisi lainnya. Rak yang terbuka pun dapat digunakan untuk mewadahi dinner ware atau peralatan masak yang sering digunakan.



Dengan penataan maksimal, maka dapur mungil pun akan terlihat sangat nyaman. Pilihan perangkat lemari yang rapi dan natural adalah kunci kenyamanan dapur mungil. Dapur mungil biasanya lebih cocok diterapkan pada rumah yang berkonsep terbuka, artinya dapur ini menjadi satu bagian dengan ruang-ruang lain di dalam rumah.




Rancanglah furnitur dapur mengikuti alur ruang yang ada, pesanlah sesuai dengan kebutuhan rumah dan memaksimalkan ruangan yang ada. Dengan memakai furnitur rancangan sendiri, model dan ukuran bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Lemari Kayu
Sebagai pertimbangan estetika, maka pilihlah jenis kayu mindi. Jenis kayu ini memiliki serat yang mirip dengan kayu Jati Belanda, punya alur yang besar-besar dan jelas terlihat. Pertimbangan lain adalah warna kayu dipilih yang berwarna cerah atau muda. Menyesuaikan dengan ukuran dapur yang mungil, sehingga tidak memberi kesan sempit pada dapur.
 
Memaksimalkan Sudut Ruang
Agar semua sudut ruang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, maka buatlah lemari yang penuh. Artinya akan ada lemari-lemari yang berbentuk segitiga sebagai tempat penyimpanan. Dengan memaksimalkan penggunaan sudut ruang, maka tidak ada sudut terbuka sehingga debu tidak bersarang. Kecuali di bawah tangga, tempat penyimpanan yang lain yaitu dibawah meja dapur. Buatlah laci-laci kecil dan besar sehingga mengurangi penggunaan gudang.

Warna dan Pencahayaan
Dominasi warna putih juga sangat menolong untuk membuat dapur menjadi terang dan terasa lapang. Kabinet bawah kitchen set dapat dibuat menggantung dan di bagian bawahnya dapat diberi pencahayaan. Selain untuk mempercantik, juga untuk menjaga dapur lebih mudah dibersihkan. Pencahayaan yang cukup membuat kotoran lebih jelas terlihat.
Untuk memiliki dapur yang rapi, nyaman dan cantik, tidak dibutuhkan ruangan yang luas. Dengan pengaturan yang cermat, semua barang dapur bisa tersusun rapi dan kegiatan di dapur pun menjadi lebih nyaman.
(Sumber : oktomagazine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar