Rabu, 11 Juli 2012

DAPUR BERSIH DAN SEHAT

Siapapun pasti menginginkan dapur rumahnya bersih dan sehat. Dapur adalah pusat kegiatan masak-memasak dan yang pasti akan menimbulkan berbagai efek dari bau dan sampah bekas pembungkus ataupun sisa-sisa potongan bahan makanan yang tidak terpakai. Apalagi ditunjang dengan sirkulasi udara dan cahaya yang tidak bagus, akan menimbulkan dapur kotor dan lembab, secara tidak langsung Anda telah menyebar undangan pesta bagi berbagai serangga termasuk kecoak, lalat dan tikus.


Maka, buatlah dapur Anda sehat, dengan sedikit kerja keras seperti berikut :
Cahaya
Cahaya merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. 
Cahaya sendiri dapat diperoleh dari 2 sumber, yaitu cahaya matahari dan lampu. Cahaya Matahari sangat bermanfaat untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dapur. Agar memperoleh cahaya matahari yang cukup, saat hendak membuat dapur perhatikan jumlah dan besarnya jendela atau ruangan terbuka sehingga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Cahaya Lampu, karena cahaya matahari tidak tersedia setiap waktu, maka cahaya lampu juga diperlukan sebagai cahaya pengganti. 
Ada 3 jenis lampu yang dapat digunakan di dapur, yaitu:
Cahaya umum, untuk menerangi dapur khususnya saat cahaya matahari tidak ada. Usahakan lampu tidak terlalu redup ataupun terlalu terang. Cahaya khusus, biasanya menggunakan lampu halogen dan diletakkan di bawah kitchen set. Digunakan untuk menerangi daerah khusus, misalnya di tempat yang biasa digunakan untuk memotong bahan makanan sehingga dengan adanya lampu ini dapat dilihat lebih jelas warna makanan dan mengetahui apakah kondisi makanan apakah masih baik atau tidak. Cahaya aksen, pencahayaan ini digunakan untuk mempercantik tampilan dapur. Umumnya diletakkan di dalam lemari kabinet pada bagian pintu kaca yang berisi pajangan. Dengan kehadiran lampu ini tentu akan memperkuat keindahan dari dapur.

Sirkulasi udara
Setiap kali memasak, pasti mengeluarkan asap dari proses menggoreng, menanak atau mendidihkan. Apabila asap ini tidak dapat dikeluarkan dari dapur akan menghasilakn aroma yang tidak nyaman bagi pemasak maupun orang di dalam rumah. Untuk mengusir asap keluar dari dapur diperlukan alat pertukaran udara yaitu jendela atau lubang sirkulasi yang cukup besar. Jika tidak memiliki, gunakan cooker hood yang akan menyedot asap hasil proses memasak sehingga udara di dapur menjadi lebih segar. Disarankan posisi kitchen sink dekat dengan jendela, karena mengingat faktor kelembaban terbesar dari air.

Kebersihan
Agar sampah yang dihasilkan tidak menimbulkan penyakit dan bau tidak sedap, maka Anda harus menjaga dapur tetap bersih. Caranya, bersihkan dapur segera setelah selesai memasak. Termasuk percikan minyak, tumpahan kuah atau percikan air. Anda juga wajib membuang sampah yang ada di dapur setiap hari. Sampah yang disimpan lebih dari satu hari akan menjadi tempat tumbuhnya bakteri serta jamur dan dari merekalah bau busuk berasal.



Kebersihan dapur merupakan hal yang penting untuk menjaga dapur tetap sehat. Karena Anda bertanggungjawab atas kesehatan keluarga maka yang terbaik untuk keluarga akan dilakukan. Sedikit kerja keras untuk menjaga kebersihan dan kesehatan dapur Anda. 
(Sumber : oktomagazine)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar