Selasa, 10 Juli 2012

PONDASI PANCANG

Struktur sederhana pondasi yang biasa dipakai di rumah-rumah tinggal di Indonesia. Sistem struktur yang digunakan adalah pondasi batu kali dan beton.

Kegunaan pondasi sebagai struktur di bawah permukaan tanah berperan penting dalam menopang suatu bangunan agar meneruskan gaya dan segala arah ke tanah. Pondasi menjaga kestabilan bangunan terhadap berat bangunan itu sendiri dan gaya luar seperti angin, gempa, dan lain-lain. Pondasi juga memperkuat bangunan dari kerusakan merata karena penurunan tanah setempat dibawah pondasi lainnya.

Pondasi merupakan tumpuan dari keseluruhan berat bangunan beserta isinya, dimana keseluruhan beban ini akan disalurkan ke tanah di bawahnya. Jika tanah dan pondasinya kuat menahan semua beban bangunan, bangunan akan aman. Jika tidak kuat, maka pondasi dan dinding bisa patah.


Gambar 1. Pondasi tiang Pancang
Digunakan untuk rumah dengan tinggi 2-3 lantai, karena menopang beban yang berat maka diperlukan pondasi pancang dan tidak sekedar pondasi batu kali dengan voetplate.

Gambar 2. Anti rayap buat beton dengan Terminix
Demi keamanan dan keawetan mutu beton, disarankan penggunaan anti rayap buat beton. Akan tetapi tidak menggunakan juga tidak apa-apa, hanya untuk berjaga-jaga saja. Biasanya untuk pembangunan rumah mewah selalu menggunakan anti rayap buat beton.

Gambar 3. Pembuatan sloof pondasi
Sebelum pengecoran untuk pembuatan sloof harus dibuatkan bekisting terlebih dahulu.

Gambar 4. Pemasangan besi sebelum pengecoran
Pemasangan besi dikerjakan dengan mutu/uk besi yang telah dihitung untuk penggunaan beban struktur yang akan dipakai. Karena pondasi adalah titik awal yang sangat penting untuk diperhatikan, jadi jangan coba-coba untuk mengurangi mutu/uk besi karena pertimbangan budget saja.

Gambar 5. Pembesian dan pengecoran sloof pondasi
Selesai dengan pekerjaan pembesian bisa dilakukan pekerjaan pengecoran untuk pondasi dan sloof. Dengan terlebih dahulu disiapkan batang-batang besi untuk kolom struktur menerus keatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar